Perancangan Strategi Sistem Informasi Digital Marketing Percetakan IBRO menggunakan Analisa SOSTAC

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mukhsin Mukhsin
Julian Anjelika
Indra Apriyani

Abstract

Di Era perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih saat ini, masih ada perusahaan jasa percetakan melakukan pemasaran secara konvensional, proses itu dinilai kurang efektif yang berdampak kurangnya informasi yang didapat oleh konsumen dan berkurangnya minat konsumen utuk menggunakan jasa percetakan tersebut. Banyaknya pesaing menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan percetakan untuk masuk dalam penjualan secara online. Begitupun dengan strategi pemasaran dan penerapan media yang tepat agar bisa mencapai tujuan pemasaran yaitu volume penjualan selalu meningkat. Digital marketing merupakan salah satu media pemasaran yang mendukung sistem penjualan dan pemesanan secara online, yaitu dapat memudahkan komunikasi dan transaksi disetiap waktu dan dapat menjangkau seluruh kota di Indonesia. Fokus penelitian ini adalah bagaimana merancang strategi digital markering melalui website dan pemanfaatan media sosial. Metode SOSTAC, digunakan untuk menganalisis pemasaran dan perencanaan bisnis percetakan ibro dalam hal penjualan dan pemesanan secara online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mukhsin, M., Anjelika, J., & Apriyani, I. (2024). Perancangan Strategi Sistem Informasi Digital Marketing Percetakan IBRO menggunakan Analisa SOSTAC. TEKNOKOM, 7(1), 214–220. https://doi.org/10.31943/teknokom.v7i1.183

References

  1. Susena, E., Utami, E., and Sunyoto, A, 2015. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Smart Campus Untuk Meningkatkan Pelayanan di Politeknik Indonusa Surakarta, Jurnal Sainstech, 1 (3), pp.1-17,.
  2. Amalia Silvia Fitri, 2020. E-service quality dengan metode importance performace analysis pada lazada Indonesia, skripsi thesis, IIB Darmajaya.
  3. W. Hadion, C. Yoyok, A. Aris, W. Fery, 2020. Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal, Sumatra Barat, Insan Cendekia Mandiri,
  4. B. Mohammad Hasan, 2018. Perancangan Strategi Digital Marketing dengan Metode SOSTAC pada Starup Qtaaruf, Skripsi, Sistem Informasi, Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya,
  5. Rifai, Z., Faqih, H., & Meiliana, D. 2021. Metode SOSTAC Untuk Penyusunan Strategy Digital Marketing pada UMKM Dalam Menghadapi Pandemi dan Pasca Pandemi. Evolusi, 9 (1), pp.87-94,
  6. Prawira, I Wayan Karang Yudha; Sukarsa, I Made; Susila, Anak Agung Ngurah Hary, 2021. Analisis dan Implementasi Strategi E-Marketing Berbasis Metode SOSTAC Pada Perusahaan XYZ, JITTER, 2 (3), pp.625-636,
  7. S. Onastatia, 2022. Perancangan Strategi Digital dengan menggunakan framework SOSTAC guna Meningkatkan Omzet pada Produk Hobby Madu PT Mitra Hutama Bersinar, Skripsi, Sistem Informasi, Universitas Dinamika.