PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MENGGUNAKAN TOGAF-ADM (Studi Kasus : Universitas Wiralodra Indramayu)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penerapan teknologi sistem informasi pada organisasi atau perusahaan tidaklah mudah untuk dilakukan. Perlunya perencanaan yang baik, kerjasama antar elemen yang kompak, keinginan berubah yang kuat serta sesuai dengan visi dan misi dari organisasi agar bisa diterapkan. Salah satu strategi yang penting dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi adalah pemanfaatan dan peningkatan dukungan sistem informasi bagi enterprise. Penerapan strategi ini mengemban misi pada sistem informasi yang pemenuhannya memerlukan keterpaduan arah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang selaras dengan strategi bisnis enterprise. Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) melakukan aktivitas organisasinya selalu mengarah kepada kepuasan para pengguna jasa pendidikan disetiap Program Studi yang berada dalam naungan Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) sesuai dengan visi dan misi. Untuk mendukung aktivitas tersebut maka diperlukan sebuah paradigma dalam merencanakan, merancang dan mengelola sistem informasi yang disebut dengan arsitektur enterprise. Arsitektur enterprise merupakan suatu upaya dalam memandang elemen-elemen yang berbeda dalam suatu organisasi atau enterprise secara keseluruhan sebagai satu kesatuan. Metodologi yang digunakan arsitektur enterprise yang terintegrasi pada Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) menggunakan TOGAF-ADM. Tahapan dalam perencanaan arsitektur enterprise yang terintegrasi dengan memodelkan arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi sesuai dengan kerangka kerja TOGAF-ADM. Tahapan ini akan menghasilkan sebuah arsitektur enterprise yang terintegrasi yang dapat dijadikan sebagai acuan cetak biru (blue print) oleh lembaga untuk mencapai tujuan strategis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Rio Andriyat Krisdiawan, Darsanto, PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN GAMEGDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE )DALAM MEMBANGUN GAME PLATFORM BERBASIS MOBILE , TEKNOKOM: Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
- Eko Travada SP, Darsanto, SISTEM MONITORING MESIN MENGGUNAKAN MULTIPROSESOR SERI AVR DENGAN METODA POOLING , TEKNOKOM: Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM